Pages

Rabu, 20 Juni 2012

belajar masak


Pada hari minggu yang lalu, ketika mama ku sedang masak didapur, mama memanggil ku. Lalu mama meminta ku untuk membantunya memasak, ya sudah aku membantunya dan aku sambil ngobrol sama mama.
mama: “harus belajar masak dari sekarang kamu,nanti kalau sudah nikah tapi ga bisa masak siapa yang masakin suami kamu,masa mau beli terus boros dong jadinya?”
aku: “hehehehehe… iya juga si mah, yaudah aku bantuin deh sekalian ajarin aku masak.”
Mama: nah… gitu dong.. yaudah sini perhatiin nih apa aja bahan-bahannya,kita mau masak sop ayam
          Sambil mengobrol,aku dijelasin sama mama apa saja bahan,bumbu – bumbu serta proses pembuatan sop ayam,dan aku mau share nih sama temen – temen semua bagaimana cara membuatnya…

Bahan – bahan :
Ø  Kol                                                      
Ø  Wortel
Ø  Kentang                    (cuci bersih lalu potong – potong sesuai selera)
Ø  Daun bawang
Ø  Daun selendri
Ø  Kacang merah
Ø  Ayam yang sudah di cuci bersih

Bumbu – bumbu:
Ø  Lada
Ø  Bawang putih 5 siung
Ø  Bawang merah 5 siung      dihaluskan
Ø  Jahe secukupnya
Ø  Penyedap rasa
Ø  Garam
Ø  Gula

Cara membuatnya:
Ø  Rebus ayam didalam panci tunggu hingga ayam empuk
Ø  Sambil menunggu ayam empuk,di wajan lain tumis bumbu – bumbu dan sayur – sayuran tersebut hingga setengah matang
Ø  Bila ayam sudah empuk, campurkan tumisan sayuran tadi kedalam panci ayam tersebut
Ø  Jika sudah empuk ayam maupun sayur-sayurannya matikan kompor
Ø  Tambahkan pelengkap seperti gula, garam, penyedap rasa, daun bawang, selendri dan bawang goreng(bila ada) lalu aduk hingga merata.
Ø  Dan siap untuk disajikan.

2 komentar:

  1. asikk,bisa belajr masak ni
    kunjngi juga ya di http://tipsdantrik-umun.blogspot.com/

    BalasHapus