Pages

Kamis, 27 September 2012

Pemanfaatan Grafik Komputer dan Pengolahan Citra dalam kehidupan sehari – hari


Pemanfaatan Grafik Komputer dan Pengolahan Citra dalam kehidupan sehari – hari

Grafik komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang pengolahan gambar, grafik dibentuk melalui sebuah software dengan menggunakan algoritma yang hasil keluarannya berupa gambar.

Pengolahan citra adalah ilmu yang mempelajari tentang manipulasi capture, citra dibentuk melalui sebuah alat seperti kamera digital.

Dalam kehidupan sehari – hari banyak sekali kita temui aplikasi – aplikasi yang sebenarnya terbentuk melalui proses pemanfaatan dari ilmu grafik dan pengolahan citra ini, berikut adalah sebagian contoh pemanfaatan grafik dan pengolahan citra yang ada dalam kehidupan sehari hari :

  •            Kedokteran

Dalam bidang ini terdapat aplikasi pemanfaatan grafik komputer dan pengolahan citra yaitu foto rontgen dan pengenalan golongan darah. Dalam foto rontgen terdapat sinar X yang dapat membantu dokter untuk mengetahui atau mendiagnosa penyakit pasien khususnya yang ada didalam tubuh manusia yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang.
                                    
  •      Pendidikan

Biasanya, contoh umum pemanfaatan yang digunakan dalam bidang ini adalah guru yang sedang mempresentasikan materi pembelajaran dengan tambahan berupa gambar sehingga siswa dapat memahami pelajaran tersebut dengan mudah.


  •            Multimedia, Hiburan dan Permainan


Pemanfaatan grafik komputer dan pengolahan citra dalam bidang ini sudah banyak sekali digunakan. Biasanya,  banyak pekerja seni aeperti designer - designer yang memanfaatkan suatu software seperti Photoshop, Corel, ilustrator dll dimana software - software tersebut merupakan suatu bentuk aplikasi pengolahan citra yang memanfaatkan grafik komputer dalam pembuatan animasi sebuah film atau  grafis sebuah permainan dll, sehingga tampilannya menjadi lebih menarik.

Sebenarnya masih banyak sekali pemanfaatan grafik komputer dan pengolahan citra dalam kehidupan sehari – hari, penjelasan di atas adalah sebagai gambaran atau contoh umum yang sering kita temui.
                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar