Pages

Rabu, 20 Juni 2012

gitu aja qo bingung?

Gitu aja qo bingung??

Aku mempunyai seorang adik laki – laki yang sekarang sudah lulus smp. Sebelum diumumkannya lulus – lulusan, adik ku sibuk sekali bertanya dengan aku sebagai kakanya dan kedua orang tua ku tentang pendidikan selanjutnya tingkat SMA. Aku menyarankan agar dia memilih SMK saja dari pada SMA, karena aku tahu akan kemampuannya sejauh mana adik ku ini. Lalu dia bertanya kenapa dia harus memilih SMK? Aku jelaskan kepadanya sambil mengobrol dengannya dan orang tuaku.

Aku: “kamu, kalau nanti ambil SMA sistem belajar dan pelajarannya sama kaya sekarang kamu SMP, lebih sedikit praktek terus kalau nanti kamu kelas 2 baru tuh ditentuin jurusannya apa? Ada IPA dan IPS”.

Adikku: “kalau gitu kita berarti masih pelajarin biologi, fisika, kimia, ekonomi, geografi dan kawan – kawannya itu dong ka?”

Aku: “ hahahaha… yaiyalah kamu gimana si..”

Adikku: “ah ga mau ah,kalau gitu. Udah bosen tuh sama pelajaran kaya gitu,bikin pusing ah.. kalau SMK gimana ka?

Aku : “ ya kalau smk banyak pilihan jurusannya, kamu tinggal pilih yang mana sesuai sama kemauan dan dirasa kamu mampu buat jalaninnya.”

Adikku : “oohhh… asik juga tuh ka, emang ada apa aja ka biasanya jurusannya?”

Aku: “ya macem – macem, ada yang jurusan MB(manajement bisnis), ada teknik( kaya teknik mesin,teknik elektro dll), ada farmasi, ada keperawatan, ada juga kebidananan, nah sekarang yang paling trend baru banyak sekolah buka jurusan komputer(ada teknik jaringan computer sama rekayasa perangkat lunak)”.

Adikku: “loh… kalau komputer berarti sama kaya jurusan kuliah kakak dong, kenapa ada dismk? Berarti ngapain sampai kuliah,toh sekarang smk aja udah ada jurusan komputernya?”

Aku: “ya bedalah, gini sekolah2 sekarang itu memberikan kemudahan, dengan segala banyak jurusan yang ada,misalkan kamu pilih komputer. Sekolah tuh jadi wadah untuk belajar lebih dalam lagi mengenai komputer, baik hardware,software,maupun jaringan. Emang sama si kaya kuliah,tapi kan kalau smk masih pelajarin basicnya aja,ga selengkap kuliah, tujuannya kalau nanti sehabis smk ga mampu buat lanjutin kuliah kan udah ada basicnya tau dasar2nya nanti juga ada PKL(praktek kerja lapangan) yang ga ada tuh diSMA?”.

Adikku : “ouh gitu ka, iya2 aku ngerti. Yaudah aku mau smk aja ah, tapi apa ya jurusannya?”

Orang tuaku : “ udah yang kaya kakak jelasin aja tuh computer”.
Adikku: “ yaudah deh,itu aja. Yaudah cariin ka,dimana sekolah yang bagus jurusan komputernya.”

          Akhirnya aku dan adikku searching di google sekolah smk mana yang baik akreditasinya jurusan komputer, akhirnya dia memutuskan untuk mengambil sekolah smk swasta yang ternyata tak jauh dari rumah dan dia mengambil jurusan TKJ. Dan orang tua ku mendaftarkan dia ke sekolah tersebut.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar