Pages

Selasa, 20 Maret 2012

resume 4

Resume Struktur Pasar
Jenis-jenis Struktur Pasar
       A.  Pasar Persaingan Sempurna
Persaingan sempurna, adalah struktur pasar yang  ditandai oleh jumlah pembeli dan penjual yang sangat banyak. 
B.  Pasar Persaingan Tidak Sempurna
a.    Pasar Monopoli
Pasar  Monopoli adalah struktur pasar yang ditandai oleh adanya seorang produsen tunggal. contohnya PT.Pertamina.
b.    Pasar Monopolistik 
Persaingan monopolistik, adalah struktur pasar yang sangat mirip dengan persaingan sempurna tetapi pada pasar monopolistik para produsen menghasilkan atau menjual barang yang berbeda corak atau keunggulan.contonya produk kecantikan.
     c. Pasar Oligopoli
Oligopoli, adalah struktur pasar di mana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua output industri dan mempunyai keputusan yang saling mempengaruhi.contonya air minuman aqua

Dari hasil presentasi,diskusi atas pertanyaan dari teman – teman kami dan tambahan penjelasan dari dosen dapat disimpulkan bahwa :
studi kasus yang diangkat kedalam diskusi kelompok 4 adalah tentang koperasi. koperasi di daerah yang sudah berkembang pesat saat ini memang kurang efektif justru tidak berjalan lancar. akan tetapi jika koperasi ini ada di daerah atau pulau - pulau kecil itu sangat efektif dan sangat berguna dan membantu perekonomian masyarakat ditempat tersebut. karena di koperasi tersebut, terdapat banyak barang yang dibutuhkan masyarakat mulai dari bahan pangan,sandang maupun papan. dan di koperasi tersebut tidak hanya menyedeiakan barang - barang tetapi juga masyarakat bisa menabung dan sistem pinjam uang. dan koperasi itu berhasil dijalankan apabila ada rasa kepuasan dari anggotanya karena koperasi harus menyesuaikan dengan anggotanya. misalnya apabila anggotanya ibu-ibu, maka barang yang dijual pun barang-barang yang mengenai peralatan dan kebutuhan dapur.
koperasi juga bentuk dari pasar persaingan sempurna. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar