Resume
penentuan harga permintaan dan penawaran
Berikut
ini adalah resume dari presentasi kelompok kami dan hasil dari diskusi bersama
dikelas:
Permintaan
adalah kesanggupan pembeli untuk meminta atau membeli berbagai jumlah barang
atau jasa pada bebagai tingkat harga dalam waktu tertentu.
.Dalam
konsep permintaan, perbandingan hubungan antara harga dan jumlah barang yang
diminta disebut hokum permintaan. Berikut bunyi hukum permintaan
“
jika harga suatu barang naik, maka jumlah barang yang akan diminta akan
berkurang. Sebaliknya, jika harga barang turun, maka jumlah barang yang diminta
kan bertambah. “
Beberapa faktor yang
mempengaruhi permintaan adalah :
1. Pendapatan konsumen
2. Harga barang substitusi dan komplementer
3. Selera konsumen
4. Jumlah penduduk
5. Perkiraan harga kedepan
Penawaran
adalah keinginan dan kemampuan para penjual untuk menawarkan berbagai jumlah
barang dalam suatu tingkat harga tertentu dan dalam periode tertentu
Dalam
konsep pemawaran, perbandingan hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta
disebut hukum penawaran. Berikut bunyi hukum penawaran
“
jika harga suatu barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan
bertambah. Sebaliknya, jika harga suatu barang turun, maka jumlah barang yang
ditawarkan akan berkurang.”
Beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran adalah :
1. Biaya produksi
2. Kemampuan perusahaan berproduksi
3. Harapan perusahaan
4. Ketersediaan sumber produksi
5. Jumlah barang yang diminta konsumen
Dari hasil presentasi,diskusi atas pertanyaan
dari teman – teman kami dan tambahan penjelasan dari dosen dapat disimpulkan
bahwa :
Ada
beberapa cara untuk mempertahankan permintaan dalam pasar yaitu contohnya dalam
produksi shampo sunsilk, dalam hal ini, produsen harus kreatif dalam membuat
inovasi baru dalam produknya baik dalam kuantitas maupun kualitas contohnya dengan
memasang iklan shampoo sunsilk membuat kemasan baru yang tadinya botol shampoo tersebut
gendut sekarang botolnya lebih slim, semua itu dibutuhkan untuk lebih menarik
konsumen. Atau dalam produksi barang yang sama,seperti shampo tersebut,
produsen juga harus pintar – pintar dalam mengikuti perkembangan jaman
sekarang. Contoh,rambut manusia tidak hanya lurus saja,pasti bermacam – macam ada
yang ikal,keriting,diberi warna, macam – macamlah. Hal ini merupakan siasat
atau ide yang harus diciptakan untuk produsen membuat shampoo untuk rambut
keriting,atau rambut yang berktombe,atau rambut yang diberi warna agar warnanya
tidak luntur atau lebih terlihat full colour.
Dalam
masalah permintaan bbm,yang harus tetap dipenuhi walaupun harganya mahal,
sebetulnya pembahasan tentang kenaikan bb ini,mencakup berbagai aspek yang
sangat luas,karena sudajh mencakup dalam ekonomi makro, dan kenaikan bb ini bukan
hanya dalam aspek ekonomi tetapi juga ada campur tangan politik, namun sehubungan
dengan pembahasan kita tentang permintaan dan penawaran, kita tidak bisa
berbuat apa – apa dalam menyikapi hal tersebut, karena untuk saat ini bbm sudah
menjadi barng primer yang harus dipenuhi, dan bensin tidak bisa dan tidak ada
barang substitusinya,dan tidak mungkin kita mengganti bahan bakar bensin
kendaraan dengan minyak tanah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar