Resume perilaku konsumen
Konsumen adalah seseorang yang
menggunakan barang atau jasa. Sedangkan perilaku konsumen adalah Perilaku
konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan
pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan
jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
Faktor yang
mempengaruhi prilaku konsumen antara lain adalah :
1. Faktor Sosial, yang dibagi menjadi :
- Group
- Familly Influence
- Roles and Status
2. Faktor Personal,
yang dibagi menjadi :
- Economic Situation
- LIfestyle
- Personality and Self Concept
- Age and LIfe Cycle Stage
- Occupation
3. Faktor
Psychological, yang dibagi menjadi :
- Motivation
- Perception
- Learning
- Believe and Attitude
4. Faktor Cultural,
yang dibagi menjadi :
- Subculture
- Sosial Class
Pendekatan prilaku konsumen dibagi menjadi 2 yaitu :
1. Teori kardinal
2. Teori ordinal
1. Teori kardinal
2. Teori ordinal
Prilaku konsumen di Indonesia :
1. Berpikir jangka pendek
2. Tidak terencana
3. Suka berkumpul
4. Gagap teknologi
5. Berorientasi pada konteks
6. Suka buatan luar negeri
7. Beragama
8. Gengsi
9. Budaya lokal
10. Kurang peduli lingkungan
1. Berpikir jangka pendek
2. Tidak terencana
3. Suka berkumpul
4. Gagap teknologi
5. Berorientasi pada konteks
6. Suka buatan luar negeri
7. Beragama
8. Gengsi
9. Budaya lokal
10. Kurang peduli lingkungan
Dari hasil presentasi,diskusi
atas pertanyaan dari teman – teman kami dan tambahan penjelasan dari dosen
dapat disimpulkan bahwa :
Ada banyak hal yang mendorong
konsumen belanja secara berlebihan. Hal ini dikarenakan beberapa hal seperti
karena gengsi seseorang untuk mempunyai hal apa yang baru dizaman sekarang,
tidak mau ketinggalan,misalnya seperti ponsel, sebenarnya fungsi utana dari alat komunikasi ini hanya untuk telepon
dan smsan saja,tetapi karena kemajuan teknologi, ponsel ini tidak hanya sebatas
itu saja bnayak ponsel smartphone yg berbasiskan androit, blackberry atau yang
lain dengan bermacam- macam juga fitur yang tersedia didalamnya,hal ini yang
membuat konsumen semakin tertarik dan ingin memiliki barang tersebut agar tidak
ketinggalan zaman katanya, dan akibatnya konsumen pada zaman skerang ini tidak
puas dengan hanya mempunyai satu ponsel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar