Pages

Rabu, 14 Maret 2012

resume 2


Resume perilaku konsumen

Konsumen adalah seseorang yang menggunakan barang atau jasa. Sedangkan perilaku konsumen adalah Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
Faktor yang mempengaruhi prilaku konsumen antara lain adalah :

1. Faktor Sosial, yang dibagi menjadi :
  •  Group
  • Familly Influence
  • Roles and Status
2. Faktor Personal, yang dibagi menjadi :
  • Economic Situation
  • LIfestyle
  • Personality and Self Concept
  • Age and LIfe Cycle Stage
  • Occupation
3. Faktor Psychological, yang dibagi menjadi :
  • Motivation
  • Perception
  • Learning
  • Believe and Attitude
4. Faktor Cultural, yang dibagi menjadi :
  • Subculture
  • Sosial Class
Pendekatan prilaku konsumen dibagi menjadi 2 yaitu :
1. Teori kardinal
2. Teori ordinal

Prilaku konsumen di Indonesia :
1. Berpikir jangka pendek
2. Tidak terencana
3. Suka berkumpul
4. Gagap teknologi
5. Berorientasi pada konteks
6. Suka buatan luar negeri
7. Beragama
8. Gengsi
9. Budaya lokal
10. Kurang peduli lingkungan

Dari hasil presentasi,diskusi atas pertanyaan dari teman – teman kami dan tambahan penjelasan dari dosen dapat disimpulkan bahwa :

Ada banyak hal yang mendorong konsumen belanja secara berlebihan. Hal ini dikarenakan beberapa hal seperti karena gengsi seseorang untuk mempunyai hal apa yang baru dizaman sekarang, tidak mau ketinggalan,misalnya seperti ponsel, sebenarnya fungsi utana  dari alat komunikasi ini hanya untuk telepon dan smsan saja,tetapi karena kemajuan teknologi, ponsel ini tidak hanya sebatas itu saja bnayak ponsel smartphone yg berbasiskan androit, blackberry atau yang lain dengan bermacam- macam juga fitur yang tersedia didalamnya,hal ini yang membuat konsumen semakin tertarik dan ingin memiliki barang tersebut agar tidak ketinggalan zaman katanya, dan akibatnya konsumen pada zaman skerang ini tidak puas dengan hanya mempunyai satu ponsel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar