Pages

Selasa, 12 Maret 2013

tugas jaringan komputer

Jaringan Komputer


Jaringan komputer adalah dua atau lebih perangkat komputer serta pendukung lainnya yang saling berhubungan sebagai media berbagi informasi dan komunikasi. Berdasarkan media transmisi data atau koneksinya, jaringan komputer terbagi menjadi dua jenis yaitu sebagai berikut.

1. Wired LAN


 Wired LAN merupakan LAN yang mengunakan kabel (line) sebagai sarana transmisi datanya.

kelebihan wired : relatif murah, setting lebih mudah, tingkat keamanan relatif tinggi (karena    terhubung   langsung serta terpantau hubungannya). 
kekurangan wired : instalasi yang kurang terencana bisa terlihat jorok/acak-acakan. kurang fleksibel jika ada ekspansi. 

2. Wireless LAN

     Wireless LAN adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan mancunian gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Saat ini teknologi wireless berkembang dengan pesat, secara kasat mata dapat dilihat dengan semakin banyaknya pemakaian telepon sellular, selain itu berkembang pula teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet.


Model  jaringan Wireless Local Area Network terdiri dari dua jenis.yaitu model ad-hoc dan model infrastruktur. 

1. Ad-Hoc Mode

    Ad-Hoc merupakan model jaringan Wireless LAN yang sangat sederhana, karena pada ad-hoc ini tidak membutuhkan access point untuk host dapat saling berinteraksi. Setiap host cukup memiliki transmitter dan receiver wireless agar dapat berkomunikasi secara langsung satu sama lain. Kekurangan dari model ini adalah adalah keterbatasan jangkauan, komputer tidak dapat berkomunikasi dengan komputer pada jaringan yang menggunakan kabel jaringan. Selain itu, area jangkauan pada model ini terbatas pada jarak antara kedua komputer tersebut.


2. Infrastruktur Mode

    Infrastruktur Mode adalah komunikasi antar masing-masing PC melalui sebuah access point. Pada model infrastruktur access point berfungsi untuk melayani komunikasi utama pada jaringanwirelessAccess point mentransmisikan data pada PC dengan jangkauan tertentu pada suatu daerah. Penambahan dan pengaturan letak access point dapat memperluas jangkauan dari Wireless LAN.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar